_sharax journal_ _a word or two or more about her journey day-to-day _what she thinks that she might not share verbally _what she amazed at, who she wrote about, when she experience it, where have she been, which she prefer more, how she express it_

Tuesday, July 21, 2009

_anda_stress_saya_juga_

Berangkat kerja dalam kondisi macet, setumpuk kerjaan kantor, pulang masih macet lagi, tagihan bulanan menumpuk di meja, kurang tidur, dan terus berulang lagi esok harinya. Stop! Anda bisa terserang stress dan kesehatan bisa terancam. Hargai diri Anda sendiri! Lakukan salah satu dari 15 solusi alami cepat dan mudah penghilang ketegangan dan stress berikut ini.

Minum teh

Minum teh terbukti mampu mempengaruhi tingkat hormon stress dalam tubuh. Para peneliti Inggris menemukan bahwa orang yang meminum teh berhasil sembuh dari stress lebih cepat daripada mereka yang minum selain teh. Teh mengandung catechins, polyphenols, flavonoids dan asam amino yang mampu mempengaruhi neurotransmitter otak dan mengurangi level cortisol (hormon stress) dalam darah.


Go nuts

Bukan menjadi gila artinya, tetapi konsumsilah kacang-kacangan. Kacang-kacangan kaya akan tryptophan dan magnesium, dua nutrisi kunci yang mendukung produksi serotonin. Bahkan kacang almond kaya dengan nutrisi penghilang stress seperti berbagai vitamin B, zinc, vitamin E and antioksidan.

Mengusap telinga

"Menurut Ayurveda, sebuah ilmu kehidupan India berusia 5 ribu tahun, terdapat titik-titik marma (serupa dengan titik-titik akupunktur) pada telinga yang berhubungan dengan beberapa bagian tubuh," ungkap Lissa Coffey, pengarang/produser DVD Dosha Yoga. Usaplah lingkaran daun telinga Anda untuk mengurangi ketegangan (tangan kanan pada telinga kanan dan tangan kiri pada telinga kiri).

Menghirup aromaterapi

Aromaterapi memiliki efek penenang yang seketika dapat meredakan ketegangan. Beberapa aroma yang terbukti mengurangi stress adalah lavender, lemon balm, chamomile dan geranium. Carol Duncan, aromaterapis dan pemilik Massage Central, menyarankan untuk meletakkan kapas yang ditetesi minyak aromaterapi beberapa senti dekat kipas angin, bilik AC, pemanas, dan di bawah jok mobil. Aromanya akan tercampur di udara ruangan sebagai terapi Anda.

Mengkonsumsi vitamin C

Para peneliti dari University of Alabama menyatakan bahwa vitamin C mampu mengurangi level hormon stress dalam darah, sehingga akhirnya meredakan respon tubuh terhadap stress. Beberapa penelitian juga menyatakan konsumsi 1.000mg vitamin C sangatlah membantu.

Self-administer acupressure

Yang dimaksud adalah penekanan titik-titik tubuh dengan tangan atau jari sendiri. Susan Lark, M.D., ahli pengobatan terpadu dan kesehatan wanita, memberi contoh: Letakkan jari tangan kiri pada dasar tengkorak kepala, lalu turunkan selebar satu jari, lalu geser ke kiri selebar satu jari juga. Posisikan jari tangan kanan pada posisi yang sama di bagian kanan. Lalu tekan kedua titik tersebut selama 1-3 menit. Menurut Dr. Lark, titik penghilang stress yang kedua terletak selebar empat jari di bawah tempurung lutut, lalu melebar satu jari ke arah luar tulang kering Anda.

Makan buah berry

Blueberry, blackberry dan jenis berry lainnya mengandung beberapa antioksidan alami terkuat dan penuh vitamin C, menjadikannya penghilang stress yang manjur. Stress membuat tubuh melepaskan radikal bebas (molekul oksigen tak stabil perusak sel normal) dan antioksidan mampu membantu menetralkan molekul-molekul berbahaya tersebut.

Berpose yoga

"Ketika kita stress, otot cenderung menegang dan menekuk dada ke dalam," kata Lissa Coffey, pengarang/produser DVD Dosha Yoga. Lissa menganjurkan gerakan melipat kedua tangan (seperti posisi berdoa) di belakang punggung, lalu tarik bahu/pundak ke belakang, miringkan kepala ke belakang dan bernafaslah yang dalam.

Merentang gerakan seimbang

Gerakan lain yang disarankan Lissa adalah duduk di kursi dengan posisi kaki kiri menapak di lantai. Letakkan pergelangan kaki kanan di atas lutut kaki kiri, lalu miringkan badan ke depan untuk merentang. Tahan selama mungkin, lalu membungkuk sedikit lagi ke depan. Ulangi dengan berganti posisi kaki. "Pose ini mampu membuka pinggul dan keseimbangan yang meregangkan otot," tambah Lissa.

Kondisikan pikiran kembali

"Maksudnya adalah menanamkan sebuah konteks berbeda dalam situasi Anda," kata Dr. Jay Winner, M.D., pengarang buku Take the Stress Out of Your Life. Misalnya ketika Anda sedang dalam antrian panjang yang sibuk, manfaatkan kondisi tersebut untuk menenangkan pikiran dengan berkenalan atau berbincang-bincang dengan orang di sebelah Anda. Sebuah pemikiran positif dapat menetralkan perubahan psikologis (penyebab stress) yang berbahaya bagi tubuh.

Makan karbohidrat kompleks

Karbohidrat kompleks mampu mendongkrak level serotonin sehingga menjaga perasaan tenang dan relaks tetap kuat lebih lama. Karbohidrat kompleks meliputi makanan dan sereal berbutir utuh (whole-grain) seperti roti gandum utuh, oat dan beras merah serta jenis polong-polongan seperti kacang hijau, kedelai dan lentil (miju-miju).

Latihan 10 repetisi

Redakan ketegangan Anda dengan spontan melakukan 10 repetisi push-up, sit-up, jumping-jack, atau gerakan latihan instan apa saja sehingga peredaran darah lebih lancar mengalir dalam tubuh. Hormon endorfin yang berfungsi sebagai pereda stress akan segera keluar membantu Anda lebih fresh.

Tertawa keras

Menurut studi Irvine dari University of California, tertawa keras mampu mendongkrak hormon pereda stress dan meningkatkan hormon penyebab relaksasi - sebuah efek yang bisa bertahan selama 24 jam. Bacalah komik/ cerita lucu atau bercandalah singkat dengan rekan kerja sampai Anda tertawa dan merasa lebih rileks untuk bekerja kembali.

Mengkonsumsi makanan pembuat senang

Beberapa makanan mengandung senyawa yang membantu tubuh memproduksi neurochemicals sehingga mempengaruhi suasana hati (mood). Dr. Susan Lark, pengarang buku Hormone Revolution, berkata beberapa makanan yang memberi efek menenangkan diantaranya adalah daging kalkun (kaya tryptophan, taurine dan vitamin B6); biji labu, bayam, dan kedelai hitam (ketiganya kaya magnesium); pepaya (kaya vitamin C); dan pisang (kaya potassium).

Merasakan momen

Fokuslah dengan apa yang ada di hadapan Anda. Manfaatkan indra untuk merasakan kondisi atau lingkungan. Dr. Jay Winner, M.D., pengarang buku Take the Stress Out of Your Life, mencontohkan ciumlah aroma makanan yang akan Anda makan selama sekitar 10 detik baru kemudian nikmati rasanya. "Atau dengan bertelanjang kaki, berjalanlah beberapa langkah dan rasakan tanah menyentuh kaki Anda," tambah Dr. Winner. Sensasinya akan meredakan ketegangan dan stress Anda.

Selamat mencoba!
dari:http://radekafc.blogspot.com

3 Comments:

Blogger PrincessD typed...

wahhh good tips!i loikkeee!

tp kan shara,ketawa keras tu cemana?ketawa byk2 kot ek?hehe

byk gak yg lain tu aku xphm babe!bahasa dia agak baku kot..hahaha

10:36

 
Blogger sharax typed...

bukan bahasa baku ni... bahasa Indonesia nih... ketawa keras = ketawa terbahak-bahak e.g. kene g GLC meetup baru leh wat cenggini...

10:44

 
Blogger intoxicated-catastropheâ„¢ typed...

aku pk td aku tersalah masuk blog indon mana.. wakakakakaka

02:18

 

Post a Comment

More:

Create a Link

<< Home